Cara Membuat Windows 8.1 Portable Kedalam FlashDisk / HardDisk External

Cara Membuat Windows 8.1 Portable Kedalam FlashDisk

WindowsToGo merupakan salah satu fitur yang terdapat dalam versi Enterprise Windows 8.1. Dengan WindowsToGo, kita bisa menjalankan Windows yang sudah terinstall didalam FlashDisk di PC apa saja selama PC tersebut memenuhi persyaratan sistem Windows 8.1. Sehingga Windows 8.1 kita bersifat portable.

Namun, jika kalian ingin Windows 8.1 kepunyaan kalian memiliki fitur seperti Windows 8.1 Enterprise yakni WindowsToGo, berikut akan saya berikan tutorial cara membuat Windows Portable / WindowsToGo untuk semua versi Windows 8 / Windows 8.1.

Yang Kalian Butuhkan :

- Sebuah FlashDisk 16 GB / 32 GB / Harddisk External yang sudah mendukung USB 3.0. Kalian sebenarnya bisa menjalankannya di USB 2.0, namun Windows Portable kalian akan menjadi sangat lambat karena transfer data di USB 2.0 lebih lambat dibandingkan USB 3.0.

- File ISO Original Windows 8.1 [ Download Disini ]. Kalian bisa menggunakan semua versi dari Windows 8.1. Baik itu Windows 8.1 Core / Single Language, Windows 8.1 Pro atau Windows 8.1 Enterprise.

- Software GImageX Tool [ Download Disini ]

Tutorial Membuat Windows 8.1 Portable

Menginstall Install.Wim Ke FlashDisk

1. Masukkan DVD Windows 8.1 kedalam PC kalian. Atau jika kalian tidak memiliki DVD Windows 8.1, kalian bisa menggunakan file ISO Windows 8.1 yang sudah kalian download dari blog ini. Caranya tinggal di mount saja menggunakan software Daemon Tools.

2. Format FlashDisk kalian menjadi tipe NTFS. Caranya, klik kanan pada FlashDisk --> Format --> Pada File System, pilih NTFS --> Hilangkan centangan Quick Format --> Dan pilih Start. Tunggu hingga proses format selesai. 


Note :

- Format akan menghapus seluruh data yang ada di FlashDisk, pastikan FlashDisk kalian dalam keadaan kosong jika ingin mencoba cara ini.

2. Sekarang buka GImageX Tool kedalam PC kalian. Didalam GImageX Tool itu terdapat 2 buah versi, yakni x86 & x64. Pastikan kalian menginstall sesuai dengan versi PC kalian, apakah 32-bit ( x86 ) atau 64-bit ( x64 ). Cara menjalankannya tinggal klik 2x pada gimagex.exe.

3. Buka DVD Windows 8.1 yang tadi di-mount dengan cara klik kanan --> open. Didalam file Windows 8.1 itu kalian lihat pada folder sources dan cari file bernama install.wim.

4. Pada aplikasi GImageX Tool yang masih terbuka, kalian pilih tab apply --> lalu pilih source --> browse --> arahkan pada install.wim yang tadi kalian buka melalui Windows Explorer.


6. Tentukan tujuan dari Windows 8.1 yang akan kita install, dalam hal ini adalah FlashDisk. Pada bagian destination, kalian pilih FlashDisk kalian. Dan jika sudah klik Apply dan tunggu hingga selesai.

Membuat FlashDisk Menjadi Partisi Aktif

Langkah berikutnya adalah membuat partisi yang ada di FlashDisk menjadi sebuah partisi aktif. Ibaratnya membuat sebuah "partisi" baru di Windows yang nantinya bisa kalian pilih urutannya melalui BIOS. Berikut caranya

1. Tekan lambang Windows + Huruf X pada keyboard dan pilih Disk Management.


2. Klik kanan pada FlashDisk / Harddisk external yang kalian gunakan dan pilih Mark Partition as Active.
Kemudian kalian tunggu hingga prosesnya selesai.

Membuat Entri Boot

Langkah terakhir adalah membuat bootloader kedalam FlashDisk sehingga Windows nanti terbaca dari FlashDisk. 

1. Buka Command Prompt sebagai Administrator ( Lihat disini caranya ).

2. Ketik perintah dibawah ini :

X:
cd Windows\system32


Huruf X diatas menunjukan Drive Letter flashdisk kalian ( Baca disini tentang Drive Letter ).

Selanjutnya ketik lagi perintah dibawah ini pada CMD, sehingga tampilannya kira-kira seperti gambar dibawah :

bcdboot.exe X:\Windows /s X: /f ALL


3. Done ! sekarang kalian tinggal atur urutan di BIOS kalian, dan kalian bisa menggunakan Windows 8.1 sebagai Windows Portable. Mudah bukan ? 

Baca Juga :

Comments

Popular posts from this blog

2010 THE YEAR WE MAKE CONTACT

Windows 10 Technical Preview New Build 9860.0.141008-2044

Windows 8.1 Pro WMC with Update Original Retail October 2014