6 Alasan Mengapa Windows 8 Lebih Aman Dibanding Windows 7

Windows 8 vs Windows 7

6 Alasan Mengapa Windows 8 Lebih Aman Dibanding Windows 7

Sekarang ini masih banyak pengguna yang belum menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1. Memang, banyak yang mengeluhkan tampilan Windows 8 yang kurang populer seperti Windows 7. Padahal Windows 8 memiliki kelebihan dibandingkan Windows 7. Berikut beberapa kelebihan dalam hal keamanan dari Windows 8 dibanding Windows 7.

1. Sudah Terdapat Antivirus

Windows 8 / Windows 8.1 sudah secara default terinstall sebuah program Antivirus bernama Windows Defender. Windows Defender ini akan mengamankan Windows 8 dari berbagai macam Virus. Namun, apabila pengguna memilih untuk menginstall Antivirus lain, maka Windows Defender akan menonaktifkan dengan sendirinya. 

2. Sudah Terinstall Anti-Malware

Malware biasanya menyerang Windows saat proses start-up, namun di Windows 8 yang sudah memiliki Anti-Malware sendiri akan memeriksa aplikasi yang berjalan di start-up apakah terdapat rootkit atau malware

3. Didukung Dengan SmartScreen

SmartScreen ini tadinya hanya terdapat di Internet Explorer, namun Microsoft sudah mengembangkannnya lebih luas lagi kedalam Windows 8. SmartScreen akan memeriksa file EXE yang sudah di download melalui browser atau yang akan dieksekusi ( dijalankan ). Cara kerja dari SmartScreen adalah saat pengguna mengklik dua-kali file EXE tersebut, Windows akan memeriksa signature dari aplikasi yang akan dijalankan. Jika aplikasi tersebut sudah terverifikasi oleh server Microsoft ( atau aplikasi tersebut dapat dipercaya ) maka Windows akan menjalankan aplikasi yang sudah dieksekusi oleh user. Namun bila aplikasi tersebut signature-nya tidak jelas ( belum terverifikasi / tidak dapat dipercaya ), maka aplikasi tersebut akan diblock secara langsung. Fitur ini cukup berguna, karena pengguna tidak bisa sembarangan menjalankan program yang didownload. Bisa saja program tersebut terdapat malware. 

4. Mendukung Secure Boot

Secure Boot pada Windows 8 ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan SmartScreen. Bedanya, Secure Boot ini memeriksa program yang berjalan saat akan booting. Fitur ini akan memeriksa keabsahan dari aplikasi yang akan dijalankan saat proses booting. Jika kalian belum tahu, saat ini malware bisa menyerang Windows Boot Looder ( disebut juga dengan Bootkit ) sebelum memasuki Windows. Dan dengan adanya Secure Boot ini bisa meminimalisir serangan dari Bootkit.

5. Penggunaan Memori Sudah Dioptimalkan

Microsoft sudah membuat berbagai macam peningkatan didalam Windows 8, salah satunya dalam mengatur kinerja memori. Fungsi ini cukup penting karena saat terdapat sebuah "celah" ( hole ) pada memori, Windows 8 akan dengan cepat mengaturnya lebih rapi dan akan mengamankanya dengan cepat. Sehingga program jahat akan lebih sulit untuk menyerang Windows 8 Pengguna.

6. Sandboxed Pada Aplikasi.

Aplikasi pada Windows 8 sudah di Sandboxed. Sandboxed disini maksudnya aplikasi tersebut tidak dapat melakukan hal-hal yang bermacam-macam tanpa ada persetujuan pengguna. Salah satu contohnya begini, jika pengguna mendownload aplikasi dari Windows Store, aplikasi tersebut tidak memiliki akses kedalam sistem Windows 8. Sehingga aplikasi tersebut tidak dapat memonitor pengguna, mencuri informasi data dan lain sebagainya. 

Kesimpulan

Tidak diragukan lagi Windows 8 lebih aman dibanding Windows 7. Fitur-fitur diatas kita tidak dapat temukan di versi Windows sebelumnya. Fitur-fitur tersebut sudah cukup untuk melindungi pengguna sebagai proteksi dasar dari berbagai macam serangan dunia maya. Namun walaupun sudah dilengkapi fitur yang mumpuni, saya tetap menyarankan untuk menginstall Antivirus dari program lainnya & bukan bawaan Windows 8. Tujuannya adalah agar Windows 8 lebih aman dan nyaman saat digunakan.

Jadi, sudah siap move-on dari Windows 7 ke Windows 8 ?

Comments

Popular posts from this blog

2010 THE YEAR WE MAKE CONTACT

Windows 10 Technical Preview New Build 9860.0.141008-2044

Windows 8.1 Pro WMC with Update Original Retail October 2014