Cara Mengetahui File ISO Windows Asli atau Bajakan

Cara Mengetahui File ISO Windows Asli atau Bajakan


Cara Mengetahui File ISO Windows Asli atau Bajakan

Sistem Operasi Windows tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu Sistem Operasi yang paling banyak digunakan didunia. Sistem Operasi ini sangat mudah digunakan & juga ramah bagi para penggunanya. Namun, karena sangat banyaknya pengguna yang ingin menggunakan Sistem Operasi Windows, terkadang para pengguna tersebut mendownload dari situs-situs yang kurang terpercaya sehingga bisa saja file ISO Windows yang sudah di download mengandung berbagai macam malware, virus, dan program jahat lainnya.

Beberapa waktu lalu saya sudah membagikan 2 buah postingan yang menarik yakni :


Diantara kalian mungkin ada yang bertanya, kenapa saya menulis kata "Original" pada kedua postingan tersebut ? karena memang semua file Windows yang ada dikedua postingan tersebut benar-benar Original :D. Lalu bagaimana kalian bisa tahu bahwa file ISO Windows yang ada dikedua postingan tersebut adalah Ori ? Jawabanny ada dibawah ini.

Setiap file pasti memiliki memiliki suatu kode Enkripsi yang terdiri dari angka & huruf yang biasa disebut dengan HASH, Hash ini terbagi menjadi beberapa macam seperti SHA-1, MD5, SHA-256 dan lain sebagainya. Setiap file sendiri memiliki Hash yang unik & tidak mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. 

Microsoft dalam setiap perilisan product-nya selalu merilis Hash dari file yang diluncurkannya. Biasanya Microsoft merilis informasi Hash-nya disini. Kalian bisa mengetahui informasi hashnya dengan mengklik disalah satu produk yang kalian ingin cari.

Untuk mencocokan hash yang ada di MSDN Subscriber dengan file ISO yang sudah didownload melalui kedua postingan diatas sebenarnya sangat mudah. Kalian hanya perlu mendownload program dibawah ini :


Cara Mengecek Keaslian File ISO Windows 

Contonhnya adalah, misalkan kalian sudah mendownload Windows 8.1 Enterpirse with Update (x86) melalui postingan diatas, kemudian setelah kalian melihat informasi yang ada disini. Informasi Hash SHA-1 dari Windows 8.1 Enterprise with Update (x86) adalah sebagai berikut :

File Name: en_windows_8.1_enterprise_with_update_x86_dvd_4065185.iso
Languages: English
SHA1: FE43558B4708B4B786BC3286924813B0AAD21106

Ikuti langkah dibawah ini :

1. Kemudian kalian buka MD5 Checksum & SHA Utility tadi, dan klik browse & arahkan pada file ISO Windows 8.1 Enterprise with Update x86 yang sudah kalian download.

2. Tunggu beberapa saat karena aplikasi MD5 Checksum & SHA Utility sedang membaca Hash dari file ISO Windows. 

3. Jika sudah selesai, salin & paste kode SHA-1 yang sudah saya bold berwarna biru diatas kedalam aplikasi MD5 Checksum & SHA Utility, dan kalian klik verify

Jika Sama, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Tetapi jika tidak sama akan muncul seperti ini.


Jika file SHA-1 yang kalian copas sama dengan yang ada didalam software MD5 Checksum & SHA Utility, maka file ISO tersebut 100% Asli Versi RTM / Final / MSDN / Final.


Kelebihan Menggunakan File ISO Windows 8.1 Asli / Original

Windows 8.1 with Update / Windows 8.1 Update 1 yang saya bagikan diatas adalah versi yang keluar dari bulan April 2014 lalu. Kelebihan menggunakan File ISO Windows 8.1 Original adalah :

- Tidak Lemot
- Tidak gampang Crash.
- Lebih Aman, Nyaman
- Dan berbagai macam kelebihan lainnya.

Apabila kalian ingin mencocokan file ISO Windows 8.1 with Update kalian yang sudah kalian download, saya sudah membuat listnya disini --> Windows 8.1 with Update Hash

Ingat ! list yang saya buat diatas adalah list Windows 8.1 with Update yang keluar bulan April 2014, bukan bulan 17 Oktober 2013 !

Untuk Windows 7 SP1 Media Refresh, Silakan kalian cari sendiri informasi HASH-nya disini. Gunakan fitur Search agar pencarian lebih cepat. Oh ya, Media Refresh diatas, berbahasa English-US bukan English-UK.

Pertanyaan : P
Jawaban : J 

P : Kalau begitu, OS yang agan update setiap bulan diblog ini file ISOnya palsu / bajakan dong ?
J : Dibilang palsu sebenarnya tidak, karena OS yang saya update setiap bulan disini, semuanya berasal dari sumber yang terpercaya. Windows AIO ( All-In-One ) yang ada diblog ini pun dibuat berdasarkan file ISO Windows Original Microsoft. Jika kalian kurang yakin, kalian bisa melakukan Full Scan pada OS Windows yang sudah agan download dari situs Software182. Apakah file ISO tersebut mengandung virus atau tidak :)

Comments

Popular posts from this blog

2010 THE YEAR WE MAKE CONTACT

Windows 10 Technical Preview New Build 9860.0.141008-2044

Windows 8.1 Pro WMC with Update Original Retail October 2014